Tim BPBD Agam Siapkan Posko Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah Memantau Informasi Cuaca

syafriantoagam, 14 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

 

Agam  - TIM BPBD Agam Propinsi Sumatera Barat melakukan untuk pesiapan Posko Kesiapsiagaan Pemerintah Daerah dan melalukan pemantauan secara cermat terhadap informasi cuaca sebagai peringatan dini dan darurat dalam rangka  Antisipasi bencana banjir terutama banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat, terutama di kabupaten Agam.
 
Demikian disampaikan Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Lutfi. AR, SH., M.Si saat memberikan arahan pada pertemuan apel pagi bersama staf dan satgas BPBD, Senin,13 Januari 2020 di Lubuk Basung.

Kepada tim Satgas dan Pusdalops PB serta staf agar selalu siaga dan melakukan pendataan serta menyebarluaskan informasi potensi bencana kepada masyarakat setempat melalui berbagai saluran informasi seluas-luasnya.

Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, terutama Banjir Bandang dan Tanah Longsor juga diserukan dan ditetapkan oleh Gubernur Sumbar tentang Penetapan Status dengan nomor surat 360-975-2019 dengan tegas menetapkan masa siaga darurat dari tanggal 20 Desember 2019 sampai dengan 28 Februati 2020, demikian cuplikan Keputusan Gubernur Sumbar 
tertanggal 22 Desember 2019.

Apel siaga darurat kabupaten Agam diawali dengan arahan Kepala Pelaksana BPBD Agam melalui rapat dilingkungan BPBD Agam, rapat dengan Satgas BPBD dan Pusdalops Penanggulan Bencana, sebagai leding sektor penanggulangan bencana di Agam. Dilanjutkan dengan rapat koordinasi secara bersama dengan dinas instansi terkait, TNI-Polri, BUMN dan BUMD serta organisasi relawan kebencanaan di Agam.

Posko utama ditetapkan di kantor BPBD Agam dan posko II ditempatkan di kantor Camat Matur, yang nanti diupayakan akan bersamaan dengan Pemadam Kebakaran Dinas Pol PP dan Damkar Agam, sebelumnya dibicarakan dalam rapat koordinasi lintas sektor.

Perlunya Posko Penanggulangan Bencana dan Pemadam di Matur, mengingat Matur berada di titik tengah, sehingga bila terjadi insiden di IV Koto, Malalak, Palembayan dan Palupuh, dan kecamatan lain segera dapat bergerak dan menangani insiden kebencanaan termasuk kebakaran, tambah Lutfi.

BPBD sebagai koordinator perlu mengkoordinasikan dengan pihak kecamatan, perangkat nagari dan anggota kelompok siaga bencana nagari serta insan kebencanaan lainnya. Agar penanggulangan bencana dapat tertangani dengan cepat. Moto kita adalah Awak Siap Awak Salamaik. Demikian ditambahkan Lutfi didampingi para kabid dan sekretaris di lingkungan BPBD Agam info yun.s(Anto)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu